TANYA JAWAB (Q & A) PELAYANAN VAKSINASI COVID-19 DI PUSKESMAS GONDANG

 

 



Q              : QUESTION (PERTANYAAN)

A              : ANSWER (JAWABAN)

 


Q                  : Jadwal vaksinasi saya saat bulan puasa, apakah vaksinasi ini membatalakan puasa?

A          : Berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Hukum  Vaksinasi Covid-19 Saat Berpuasa, disimpulkan bahwa vaksinasi covid-19 tidak membatalkan puasa. 



Q              : Apa yang harus saya bawa saat akan vaksinasi covid-19 di Puskesmas Gondang?

A              : Fotocopy KTP dan Kartu Kendali Vaksinasi


 

Q              : Dimana saya bisa mendapatkan Kartu Kendali Vaksinasi?

A              Kartu Kendali Vaksinasi dilampirkan saat jadwal diinformasikan ke sasaran.


 

Q              : Bagaimana jika saya tidak membawa Kartu Kendali Vaksinasi?

A           : Untuk memperlancar proses vaksinasi diharapkan setiap sasaran membawa form skrining      yang telah diisi. 


 

Q              : Bagaimana jika saya tidak hadir sesuai jam yang ditentukan puskesmas?

A              : Jam kedatangan sasaran ditentukan agar social distancing bisa diwujudkan.


 

Q              : Sampai jam berapa puskesmas melayani vaksinasi covid-19?

A           : Jam 11.30 WIB, diatas jam tersebut mohon maaf tidak dapat kami layani (kecuali kondisi tertentu) akan kami jadwalkan ulang.


 

Q              : Bagimana jika saat pelaksanaan saya tidak bisa hadir karena suatu hal?

A              : Silakan konfirmasi ke contack person kami.



Q              : Bagaimana  jika saya tidak mengikuti vaksinasi ini?

A        Sesuai dengan Perpres Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pengadaan Vaksin dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease pasal 13A disebutkan bahwa, setiap orang yang ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin covid-19 yang tidak mengikuti vaksinasi covid-19 dapat dikenakan sanksi administratif berupa: 1) Penundaan atau penghentian Pemberian Jaminan Sosisal atau bantuan sosial. 2) Penundaan atau penghentian layanan administrasi pemerintah dan atau 3) Denda.



Q             : Saya mempunyai riwayat/penyakit A apakah saya bisa divaksin?

A          : Untuk bisa menentukan apakah bisa lanjut vaksin atau tidak adalah petugas skrining, karena setiap kondisi orang berbeda-beda jadi silakan datang dan konsultasikan kepada petugas kami saat pelaksanaan.


 

Q             : Pada dosis ke-1 saya tidak bisa hadir dan hari ini teman saya terjadwal untuk vaksinasi dosis ke-2, apakah saya bisa dilayani?

A        : Tidak bisa. Saat pelaksanaan dosis ke-2 tidak bisa bersamaan dengan dosis ke-1 karena berhubungan dengan pelaporan, evaluasi dan stok vaksin.


 

Q              : Kenapa di tempat pelayanan lain pelaksanaan dosis ke-2 bisa bersamaan dengan dosis ke-1?

A              : Setiap tempat pelayanan mempunyai prosedur masing-masing.


 

Q              : Kapan penjadwalan ulang dilakukan?

A              : Tidak bisa kami pastikan karena tergantung stok vaksin dan kesiapan tempat pelayanan.



Q              : Saya sudah mendapat dosis 1 bolehkan saya tidak lanjut ke dosis 2?

A             : Dosis 1 sebagai "pengenalan" antibodi, dosis ke-2 sebagai pembentukan antibodi. Jika Dosis ke-2 tidak dilakukan maka kekebalan antibodi akan virus covid-19 tidak akan terbentuk.



Q            : Adakah pantangan khusus setelah vaksinasi?

A            : Secara umum tidak ada, yang harus diperhatikan adalah tetap mematuhi protokol kesehatan.


 

Q          : Teman saya mendapat SMS dari 1199 tentang jadwal vaksininasi dosis ke-2 dan link sertifikat, kenapa saya tidak?

A            : Silakan cek nomer HP Anda di kartu vaksinasi, jika tidak sesuai maka laporkan di meja 1 saat pelaksanaan vaksinasi dosis ke-2. Nomer HP tidak bisa kami perbaiki jika sudah dilayani di meja 4 saat pelaksanaan vaksinasi  dosis ke-2. (Hubungi 1199 ex 9)


 

Q             : Bagimana jika saya tidak mendapatkan link sertifikat bukti telah mendapatkan vaksin covid-19?

A            : Simpan kartu vaksinasi Anda sebagai bukti telah mendapatkan vaksin covid-19. NIK Anda bisa di cek di website peduli.lindungi untuk mengetahui status vaksinasi Anda.


 

Q              : Bagimana jika ada kesalahan pada data diri di kartu/sertifikat vaksinasi saya?

A             : Pastikan data diri Anda benar saat  mengisi kartu kendali, ketika pelaksanaan vaksinasi dosis ke-1, setelah itu data tidak bisa kami perbaiki kecuali nomer HP. (Hubungi 1199 ex 9)


 

Q           : Saya dapat SMS dari 1199 tentang jadwal vaksin ke-2 tetapi kenapa tidak sama dengan jadwal yang diberikan oleh puskesmas?

A              : SMS dari 1199 adalah pesan dari Pusat yang akan mengirimkan jadwal otomatis 14 hari kedepan dari jarak dosis ke-1. Sedangkan jadwal dari puskesmas adalah jadwal yang sudah disesuaikan dengan stok vaksin dan kesiapan tempat pelayanan jadi silakan datang sesuai dengan jadwal dari puskesmas.


 

Q              : Apakah tidak apa-apa jika dosis ke-2 diberikan lebih dari 12 minggu?

A              : 12 minggu adalah interval minimal dengan dosis ke-1, boleh lebih tidak boleh kurang.


 

Semoga pertanyaan Anda terjawab dengan menyimak daftar Q & A di atas

Jika ada pertanyaan lain yang belum terakomodir, silakan hubungi contak person kami.